PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia
Vol 3 No 2 (2020): PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia

Adopsi Teknologi Jasa Pesan Antar Makanan Online di Kalangan Perempuan Pedagang Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19

Tri Siwi Agustina (Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Jl. Airlangga 4-6 Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Social distancing dan physical distancing dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 berdampak pada eksistensi usaha yang dimiliki para perempuan pedagang kuliner di 39 Sentra Wisata Kuliner di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat untuk menggunakan (use intention) paraperempuan pedagang kuliner di Kota Surabaya dalam mengadopsi Grabfood dan GoFood sebagai solusi untuk mempertahankan kinerja usahanya di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sebanyak 302 perempuan pedagang kuliner yang telahmenggunakan kedua aplikasi jasa pesan antar makanan tersebut diberikan kesempatan yang sama untuk mengisi kuesioner sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan disebut sebagai sampel jenuh (sensus). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SmartPLS Versi 3.2.9 Hasil penelitian yangdiperoleh adalah behaviour intention untuk mengadopsi GoFood dan Grabfood di kalangan perempuan pedagang kuliner di Kota Surabaya terbukti dipengaruhi harapan akan kinerja (performance expectancy), harapan akan usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence). Akan tetapi kondisi pendukung(facilitating condition) terbukti tidak berpengaruh pada niat untuk berperilaku (behavior intention). Hasil lain adalah niat untuk berperilaku terbukti berpengaruh pada niat untuk menggunakan GoFood dan Grabfood di kalangan perempuan pedagang kuliner di Surabaya selama pandemi Covid-19.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perwira

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Ranah kajian PERWIRA adalah tema-tema terkini pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Visi penerbitan PERWIRA adalah menjadi acuan akademis tentang pendidikan dan tata kelola kewirausahaan. Misi PERWIRA meliputi: - Memberi sumbangan kajian kewirausahaan dan pengelolaan usaha. - Mengembangkan ...