Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh advertising credibility dan word of mouth yang dapat membentuk trust dan purchase intention pada layanan coffee on the bus perusahaan otobus Tirto Agung. Objek penelitian ini adalah layanan baru dari PO Tirto Agung yaitu coffee on the bus. Layanan coffee on the bus ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh perusahaan otobus untuk merespon dampak dari bencana pandemi covid-19 yang mengakibatkan perusahaan persewaan bus pariwisata tidak bisa melayani masyarakat untuk berwisata. Sehingga mengharuskan perusahaan untuk tetap bertahan agar tetap dapat melayani konsumen untuk melakukan perjalanan wisata di masa pandemi. Perusahaan otobus bekerja sama dengan coffee shop yang ada di Indonesia, karena coffee shop di Indonesia merupakan bisnis yang sedang tren saat ini. Selain itu negara Indonesia merupakan peringkat 6 konsumsi kopi terbesar di dunia. Penelitian ini menggunakan uji PLS SEM dengan jumlah responden sebanyak 248 responden. Pada penelitian ini dibuktikan bahwa advertising credibility dan word of mouth berpengaruh positif terhadap trust, trust berpengaruh positif terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah masyarakat yang belum pernah menggunakan layanan coffee on the bus PO Tirto Agung namun mengetahui layanan coffee on the bus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh informasi layanan coffee on the bus dari perusahaan melalui iklan yang kredibel dan informasi yang didapatkan dari luar perusahaan yakni word of mouth dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen sehingga mendorong untuk memiliki niat pembelian pada layanan coffee on the bus.
Copyrights © 2021