Jurnal Sisfotek Global
Vol 6, No 1 (2016): JURNAL SISFOTEK GLOBAL

Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan Menggunakan Bahasa Inggris Pada Siswa SD Kelas 3 Berbasis Android

Siti Maesaroh (STMIK Bina Sarana Global)
Agustinus Sirumapea (STMIK Bina Sarana Global)
Cokro Setiaji (STMIK Bina Sarana Global)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2016

Abstract

Pada pembelajaran interaktif Bahasa Inggris siswa Sekolah Dasar, siswa di ajarkan pelajaran dasar Bahasa Inggris, dengan materi dasar pengenalan nama hewan yang ada di sekitarnya sesuai dengan kompetensi dasar mengenal jenis dan nama-nama hewan. Namun metode pembelajaran yang berjalan saat ini masih terdapat kekurangannya yaitu banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal susunan huruf, menuliskan urutan huruf untuk membentuk suatu kata , dan siswa mengalami kesulitan dalam menyebutkan nama hewan. Selain itu materi yang disampaikan tidak dapat diserap dengan baik karena media yang digunakan oleh pengajar kurang menarik. Ketika hal ini terjadi pada tahap pembelajaran dasar siswa akan mengalami kesulitan mengikuti materi-materi pembelajaran selanjutnya. Setelah dilakukan observasi di SD Negeri Gebang Raya 1 Tangerang, dan berdasarkan hasil diskusi dengan beberapa pengajar dapat disimpulkan dibutuhkan sistem yang bersifat visual yang terdapat media gambar dan suara sehingga sistem pembelajaran interaktif dapat menjadi lebih efektif antara guru dan siswa. Sistem yang dihasilkan berupa media pembelajaran bahasa inggris pengenalan hewan dilingkungan sekitar. Dengan media pembelajaran berupa suara dan gambar akan membuat siswa lebih mudah mengingat materi yang disampaikan oleh guru karena disajikan dalam tampilan yang menyenangkan. Dalam pembelajaran ini, siswa akan bermain dengan cara memilih jenis hewan, dan susunan huruf secara tidak langsung siswa akan merasa terbantu dan akan lebih cepat mengingat susunan nama-nama hewan dalam bahasa Inggris. Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran berupa gambar dan suara, maka peneliti menggunakan beberapa software yaitu menggunakan Adobe Flash CS6, Adobe Illustrator CS6 dan Adobe Photoshop CS6. Sistem yang dihasilkan berupa media pembelajaran bahasa inggris pengenalan hewan dilingkungan sekitar  berbasis android.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

sisfotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Sisfotek Global is a peer-reviewed open access journal published twice a year (March and September), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal Global Sisfotek aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ...