Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 4 No 8 (2010)

Hubungan Antara Fasilitas Perpustakaan Universitas, Kepuasan, dan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal

Rony Yulianto (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas diperpustakaanuniversitas dengan kepuasan mahasiswa, hubungan antara kepuasan mahasiswa dengan minatbaca mahasiswa, hubungan antara fasilitas diperpustakaan universitas dengan minat bacamahasiswa, serta hubungan antara fasilitas diperpustakaan universitas dan kepuasan mahasiswasecara bersama-sama dengan minat baca mahasiswa.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi UniversitasPancasakti Tegal yang berukuran 358. Sebanyak 54 orang mahasiswa yang diambil secara acakdilibatkan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesionerdengan susunan instrument pertanyaan menggunakan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif signifikan antarafasilitas di perpustakaan universitas dengan kepuasan mahasiswa, koefisien korelasinya sebesarrx1x2 = 0,659** dengan probabilitas sebesar 0,000; (2) ada hubungan yang positif signifikanantara kepuasan dengan minat baca mahasiswa, koefisien korelasinya sebesar rx2y = 0,565**dengan probabilitas sebesar 0,000; (3) ada hubungan yang positif signifikan antara fasilitasperpustakaan universitas dengan minat baca mahasiswa, koefisien korelasinya rx1y = 0,400**dengan probabilitas sebesar 0,003; (4) ada hubungan yang positif signifikan antara fasilitasperpustakaan universitas dan kepuasan mahasiswa secara bersama-sama dengan minat bacamahasiswa. Dalam konteks penelitian ini besarnya koefisien korelasi ganda R= 0,566** denganprobabilitas sebesar 0,000.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...