Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 7 No 1 (2013)

Pengetahuan dan Sikap tentang Koperasi serta Implikasinya terhadap Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa

Rony Yulianto (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya partisipasi anggotakoperasi mahasiswa yang diduga dipengaruhi oleh rendahnya pengetahuan dan sikapkurang kepedulian terhadap koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pengetahuan tentang koperasi terhadap partisipasi anggota koperasimahasiswa, pengaruh sikap tentang koperasi terhadap partisipasi anggota koperasimahasiswa, dan pengaruh pengetahuan dan sikap tentang koperasi terhadap partisipasianggota koperasi mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa anggotaKoperasi Mahasiswa Laboratorium Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas PancasaktiTegal yang berjumlah 360 orang. Sebanyak 72 orang dilibatkan dalam penelitian ini.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Hasil penelitianini menunjukkan sebagai berikut: 1) pengetahuan tentang koperasi berpengaruhsignifikan terhadap partisipasi anggota koperasi mahasiswa, koefisien korelasi βx1y =0,507, dan signifikansi 0,000; 2) Sikap tentang koperasi tidak ada pengaruh signifikanterhadap partisipasi anggota koperasi mahasiswa, koefisien korelasi βx2y = 0,092, dansignifikansi 0,394; 3) pengetahuan dan sikap tentang koperasi berpengaruh signifikanterhadap partisipasi anggota koperasi mahasiswa, dengan koefisien korelasi R = 0,827,signifikansi 0,000. Implikasi: semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan koperasidiharapkan mampu meningkatkan peran serta anggota sesuai dengan kapasitasnyasebagai pemilik dan pelanggan koperasi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...