Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 1 (2014)

Kesulitan Belajar Perpajakan dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Rony Yulianto (Universitas Pancasakti Tegal)
Dewi Apriani (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
01 May 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kesulitan belajar perpajakanterhadap motivasi belajar mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa ProgramStudi Pendidikan Ekonomi, FKIP – Universitas Pancasakti Tegal yang menempuh Mata KuliahHukum Dagang dan Pajak pada semester Genap T.A. 2010/2011, dengan jumlah 108 orang.Sebanyak 32 mahasiswa dilibatkan sebagai subjek penelitian yang diambil dengan teknikSimple Random Sampling.Hasil penelitian ini adalah tidak ada pengaruh yang signifikankesulitan belajar perpajakan terhadap motivasi belajar mahasiswa (βxy =-0,05). Implikasiterapan yang diberikan: para pengajar perlu mengetahui dan memperhatikan kesulitan belajaryang dihadapi peserta didik (mahasiswa) dalam kegiatan pembelajaran, disamping itu paramahasiswa perlu memiliki motivasi belajar yang harus selalu ditingkatkan secaraberkesinambungan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan (P-ISSN:1858-4497, E-ISSN: 2549-9300) is a scholarly journal aimed to provide a platform for both established and early-career researchers. This journal accepts research-based papers from the fields of Teaching and Learning; Language and Literacy Education; and ...