Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 1, No 2 (2020): Edisi Desember

EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari)

Sri Wahyunifa (Universitas Halu Oleo)
Syaifuddin S. Kasim (Universitas Halu Oleo)
Bakri Yusuf (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahu efektifitas pelaksanaan program kota tanpa kumuh (KOTAKU) dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat. Adapun Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatanya yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung wawancara dengan narasumber berupa tanggapan atau pendapat responden mengenai suatu permasalahan yang diajukan dalam penelitian, Sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung dari objek yang diteliti yang antara lain arsip/laporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan analisis reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa sesuai  dengan  fokus penelitian mengenai pengukuran efektivitas program  KOTAKU  didapat bahwa  tingkat  efektifitas  dalam pelaksanaan  program  KOTAKU belum efekif, karena belum memenuhi 8 kriteria kota bebas dari kategori kumuh.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...