Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 1, No 1 (2020): Edisi Juni

DAMPAK MEROKOK TEHADAP KONDISI KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi di Kelurahan Lakorua Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah)

Desi Andrini Rosminah, Jamaluddin Hos, Sarpin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini  dilaksanankan  di  Kelurahan  Lakorua  Kecamatan Mawasangka   Tengah Kabupaten   Buton   Tengah.   Adapun   masalah   dalam penelitian ini adalah Bagaimana Dampak merokok tehadap kondisi kesejahteraan keluarga  di  Kelurahan  Lakorua Kecamatan  Mawasangka  Tengah  Kabupaten Buton Tengah? Dan Bagaimana Upaya Pemerintah Setempat untuk mengatasi Dampak merokok tehadap kondisi kesejahteraan keluarga di Kelurahan Lakorua Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah? Tujuan penelitian ini adalah  untuk  mengetahui   Dampak  merokok  tehadap kondisi  kesejahteraan keluarga  di  Kelurahan  Lakorua  Kecamatan  Mawasangka Tengah  Kabupaten Buton  Tengah  Dan  untuk  mengetahui  Upaya  Pemerintah  Setempat untuk mengatasi Dampak merokok tehadap kondisi kesejahteraan keluarga di Kelurahan Lakorua Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah.Informan dalam penelitian ini dipilih secara sengaja   yang berjumlah 14 orang dan terdiri dari perokok 9 orang dan mantan perokok 2 orang. ditambah dengan 3 orang informan kunci yakni Lurah Lakorua, Tokoh Pemuda Kelurahan Lakorua serta Dokter Umum di Puskesmas Kecamatan Mawasangka Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak merokok terhadap kondisi kesejahteraan keluarga, yaitu : (a.) Pengeluaran,  (b.) Perumahan (c.) Pangan (d.) Sandang (e.) Pendidikan (f.) Kesehatan.   (g.) Tabungan. Adapun Upaya pemerintah setempat untuk mangatasi dampak merokok, yakni Upaya yang dilakukan bekerjasama dengan pihak puskesmas untuk mensosialisasikan dampak merokok dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...