Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 1, No 1 (2020): Edisi Juni

PENANGANAN ANAK BERMASALAH DENGAN HUKUM (ABH) DALAM KASUS TINDAK ASUSILA (Studi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari)

Sahrial G, Syaifudin S. Kasim, Sarpin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kasus tindakan asusila yang dilakukan anak,kemudian faktor penyebab terjadinya kasus tindakan asusila yang dilakukan anak, dan bagaimana proses penanganan anak kasus tindak asusila di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini anak binaan yang mendapatkan pembinaan, dan pegawai LPKA yang memberikan pembinaan kepada anak binaan dan pihak pekerja sosial sebagai informan tambahan. Hasil penelitian bahwa bentuk tindakan asusila yang dilakukan anak yaitu : (1). Ciuman dan Godaan yang di lakukan Pelaku terhadab  Korban (2). Upaya Memaksa Salah Satu Pihak atau memaksa pihak yang satu agar menuruti kemauan pihak yang satu atas kemauan yang diinginkanya adapun Faktor - Faktor penyebab terjadinya tindakan asusila pada anak (1). Faktor Internal faktor yang terdapat dalam diri pelaku (2). Faktor Eksternal faktor yang berada diluar diri pelaku proses penanganan anak yang dilakukan di Lembaga Pembinaan  Khusus  Anak  Kelas  II  Kendari  (1).  Proses  Advokasi  Anak  proses bagaimana membantu anak dan keluarga mampu mendapatkan hak dan keadilan (2). Penerapan Pendidikan Agama (3). Penerapan Pendidikan Non Formal (Sekolah) Dalam LPKA atau usaha berfikir warga binaan semakin meningkat dan menunjang hal hal positif (4). Penerapan Pendekatan Informatif (informative approach) yaitu metode pemberian ilmu keterampilan untuk anak binaan LPKA (5). Pendekatan Partisipatif (partisivative approach) bagaimana anak dituntun memberikan pengetahuan terbaik mereka sesama anak binaan lainya (6). Pendekatan Experensial (experienscial approach) bagaimana menuntun anak terlibat langsung dalam proses penanganan atau di sebut belajar sejati.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...