Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 1, No 2 (2020): Edisi Desember

KEBUTUHAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA DALAM MENANGANI GIZI BURUK ANAK BALITA (Studi di Desa Tampunabale Kecamatan Pasikolaga)

Noviana Noviana (Universitas Halu Oleo)
Muhammad Rusli (Universitas Halu Oleo)
Megawati Asrul Tawulo (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan soaial ekonomi keluarga pada pada masyarakat  di desa Tampunabale Kecamatan Pasikolaga dan untuk mengetahui apakah mengetahui upaya  keluarga dalam mengatasi  status gizi buruk anak balita di desa Tampunabale Kecamatan Pasikolaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan penelitian sebanyak 10 orang anak di Desa Tampunabale Kecamatan  Pasikolaga.Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan sosial ekonomi masyarakat Tampunabale Kecamatan Pasikolaga secara umum  cukup baik hal ini ditunjukan melalui indikator kesehatan yang terglong cukup baik dan juga indikator perumahan yang semua masyarakat telah memilki rumah namun demikian pada indikator tingkat pendidikan masyarakat masih cukup rendah sedangkan kondisi ekonomi yang ditunjukan melalui pekerjaan maka mayoritas masyarakat desa Tampunabale Kecamatan Pasikolaga bekerja sebagai petani dengan tingkat pendapatan sedang dan tingkat pengeluaran tergolong rendah. Upaya Keluarga dalam Mengatasi Gizi Buruk Anak Balita di Desa Tampunabale Kecamatan Pasikolaga dilakukan melalui  posyandu secara rutin yang dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak balita, konsultasi ke tenaga kesehatan terdekat dan memanfaatkan dukungan sosial keluarga untuk mengatasi masalah gizi buruk pada anak usia balita di desa Tampunabale Kecamatan Pasikolaga.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...