Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi
Vol 1, No 4 (2021): Edisi November

Analisis Pengadaan Koleksi Bahan Pustaka dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat (Studi Kasus Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara)

Babe Ariani (Universitas Halu Oleo Kendari)
Zulfiah Larisu (Universitas Halu Oleo Kendari)
Sitti Utami Rezkiawati Kamil (Universitas Halu Oleo Kendari)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah tidak tersedianya koleksi bahan pustaka yang dibutuhkan pemustaka sehingga mempengaruhi minat baca pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Analisis Pengadaan Koleksi Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara dalam meningkatkan minat baca masyarakat serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengadaan koleksi terhadap kebutuhan pemustaka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Analisis Pengadaan Koleksi Bahan Pustaka dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara masih belum berjalan dengan baik, hal ini disebabkan oleh pengadaan pembelian koleksi bahan pustaka yang tertunda dalam beberapa tahun yaitu antara tahun 2019-2021 dan   hal tersebut  yang menyebabkan koleksi bahan pustaka yang dibutuhkan pemustaka sebagian besar belum tersedia karena kurangnya anggaran perpustakaan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), sehingga membuat pengadaan pembelian koleksi tidak berjalan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pustakainf

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Library and Information Literacy Halu Oleo University is published four times a year in February, May, August, and November by the Department of Library and Information Science, Halu Oleo University, Kendari City, South East Sulawesi Province, Indonesia. The journal publishes original ...