JSK (Jurnal Sistem Informasi dan Komputerisasi Akuntansi)
Vol 4 No 1 (2020): Januari 2020

Rancang Bangun Sistem Informasi Badan Amil Zakat Nasional Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus BAZNAS Kota Prabumulih)

Muchlis (STMIK Prabumulih)
Juliadi (STMIK Prabumulih)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2021

Abstract

BAZNAS Kota Prabumulih adalah salah satu badan amil zakat yang bertugas mengumpulkan zakat yang ada di Kota Prabumulih. Ada dua jenis penyaluran zakat yang ada di Kota Prabumulih yaitu konsumtif dan produktif, zakat konsumtif yaitu penyaluran zakat yang dibagikan atau diberikan untuk dimanfaatkan secara langsung, sedangkan zakat produktif yaitu penyaluran yang diberikan atau dibagikan untuk dimanfaatkan dalam jangka waktu lama.sistem pembayaran zakat yang ada di BAZNAS Kota prabumulih masih bersifat manual,  karena masyarakat masih harus datang ke kantor BAZNAS untuk membayar zakat, infaq, dan sedekah, serta laporan penerimaan dan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah masih direkap secara manual atau belum tersistem dengan baikSehingga perlu dibangun sebuah sistem informasi badan amil zakat nasional (BAZNAS) untuk pengelolaan dana zakat, infaq, dan sedekah yang berbasis pemograman PHP dan basis data MySQL dengan alat bantu perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Dengan adanya sistem informasi Baznas berbasis web ini dapat memberikan kemudahan dan mendukung kegiatan BAZNAS kota prabumulih.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Engineering

Description

Jurnal Sistem Informasi dan Komputerisasi Akuntansi (JSK) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian bidang ilmu komputer dan teknologi. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan ...