Jurnal Edu Research
Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Edu Research

PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI TERHADAP PENGGUNAAN VIRTUAL CLASS ” GOOGLE CLASSROOM”

Wiwin Kobi (Universitas Negeri Gorontalo)
Sunarty Suly Eraku (Universitas Negeri Gorontalo)
Hendra Hendra (Universitas Negeri Gorontalo)
Rusiyah Rusiyah (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Revolusi 4.0 mengubah paradigma pendidikan dan pembelajaran. Perubahan paradigma pendidikan yang berpusat pada guru kini berpusat pada peserta didik. Pembelajaran luring mulai ditinggalkan dan gantikan dengan pembelajaran daring yiatu yang dikenal dengan pembelajaran online. Banyaknya aplikasi pembelajaran online semakin memudahkan para pendidik dalam mentransfer meteri dan pemberian tugas. Salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajatan online atau virtual class yaitu google classroom. Google classroom mempunyai fitur bagi pengajar untuk mengelola kelas, membuat tugas, membuat kuis, berbagi materi, serta mengevaluasi langsung hasil kerja siswa. Manfaat google classroom yaitu menghemat waktu, dapat di akses dimana saja, dan berbagi informasi dengan cepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi UNG. Penelitian bertujuan melihat persepsi mahasiswa terhadap penggunaan google classroom. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator pertama pembelajaran geografi rata-rata mahasiswa yang menjawab sangat setuju 27,4%, setuju yaitu 33,9%, agak setuju 20,8%, agak tidak setuju 13,1%, tidak setuju 2,4%, dan sangat tidak setuju 2,45. Hal ini menunjukan Google Classroom dalam pembelajaran geografi efektif dilihat dari respon positif dari mahasiswa. Pada indikator kedua yaitu Performa Google Classroom menunjukan bahwa aplikasi tersebut sangat membantu memudahkan menyimpan dokumen, sangat jelas dan mudah dipahami, sangat efektif dan efisien dalam segi waktu. Hal ini terlihat rata-rata mahasiswa yang menjawab sangat setuju sebesar 39,3%, setuju 42,9%, Agak setuju15,5%, agak tidak setuju 2,4%, tidak setuju dan sangat tidak setuju 0%. Indikator ketiga Penerimaan mahasiswa terhadap kemudahan Google Classroom menunjukan rata-rata mahasiswa menjawab sangat setuju sebesar 34,2%, setuju 43,9%, agak setuju19,4%, agak tidak setuju 1,5%, tidak setuju dan sangat ntidak setuju 0,5% Hal ini menunjukan google Classroom sangat mudah digunakan. Indikator kempat Pengaruh Sosial Terhadap Penggunaan Google Classroom menunjukan rata-rata menjawab sangat setuju sebesar 29,5%, setuju 38,4%, agak setuju 17,9%, agak tidak setuju 7,1%, tidak setuju dan sangat tidak setuju3,6%. Ini menunjukan lingkungan sosial sangat berpengaruh terhadap penggunaan Google Classroom.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...