Jurnal Teknik Informatika Unika Santo Thomas (JTIUST)
Vol 6 No. 1 : Tahun 2021

Penerapan Certainty Faktor untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Ternak Kuda (Studi Kasus : Kantor Dinas Peternakan Kabupaten TTU)

Lusia De Fatima Badj (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)
Patrisius Batarius (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)
Sisilia D. Bakka Mau (Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Timor Tengah Utara terdapat 6 orang Dokter Hewan, dengan jumlah peternak 379 orang tersebar di 24 Kecamatan dengan jumlah ternak kuda 1.344 ekor. Para peternak sering mengalami kesulitan jika ternaknya sakit. Hal ini disebabkan karena jumlah dokter hewannya sedikit, jarak dari Dinas Peternakan dengan lokasi kejadian jauh, selain itu juga kondisi geografis yang tidak memungkinkan untuk bisa mencapai tempat tersebut, dan juga dokter hewan yang hanya menunggu panggilan dari kecamatan, sehingga membuat banyak peternak yang terlambat mendapatkan pelayanan dari dokter hewan terhadap ternak kuda mereka dan akibatnya banyak ternak kuda yang tidak terselamatkan.Dari masalah tersebut maka perlu dirancang bangun sebuah aplikasi untuk mendiagnosa penyakit pada ternak kuda berbasis web dengan menggunakan metode certainty factor yang dapat membantu pihak Dinas Peternakan Hewan Kefamenanu khususnya dokter hewan dan para peternak dalam melakukan diagnosis penyakit pada ternak kuda.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JTIUST

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Terbit Setiap Bulan Juni dan Desember setiap Tahunnya. Jurnal ini Media publikasi untuk bidang Ilmu Komputer seperti Fuzzy Logic, Teknologi dan Jaringan, Robotika, Komputasi, Mikrokontroller, Arsitektur Komputer, Sistem Cerdas, Rekayasa Web dan Mobile, Sistem Terdistribusi, Sistem Kontrol, Data ...