Semua perusahaan ritel, termasuk Swalayan Dutalia, dituntut untuk mengambil keputusan secara tepat dalam strategi pemasaran dengan melihat kondisi pasar. Namun, pihak swalayan kerap kali mengalami kesulitan dalam memprediksi angka penjualan produk, terlebih lagi pihak swalayan belum memiliki teknik khusus guna melakukan prediksi angka penjualan barang di masa depan. Hal ini menyebabkan pihak swalayan tidak mampu menentukan stok minimum barang yang dijual. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang bangun sebuah sistem yang menerapkan algoritma C4.5 untuk mengolah data dalam jumlah besar untuk menemukan pola penjualan barang. Berdasarkan decision tree yang terbentuk, akan dilakukan prediksi terhadap kumpulan data penjualan barang baru. Sehingga, pihak Swalayan Dutalia dapat menentukan stok minimum barang. Atribut yang digunakan berjumlah enam buah, yaitu jenis barang, harga, jumlah jual, waktu jual, momen jual, dan status penjualan sebagai atribut target. Berdasarkan pengujian terhadap data training dan data hasil prediksi pada aplikasi RapidMiner Studio Version 9.7, akurasi perhitungan yang dihasilkan mencapai 100% sehingga sistem yang dirancang bangun dapat digunakan untuk memprediksi penjualan barang di masa depan.
Copyrights © 2021