JURNAL SOSIOLOGI
Vol 16, No 1 (2014)

PUBLIC RELATION PRACTICES IN THE WEB 3.0

Windah, Andi ( Lampung University)



Article Info

Publish Date
22 May 2014

Abstract

Hubungan Masyarakat (Humas) adalah sebuah praktik komunikasi yang berdimensi luas dan memiliki banyak rupa salah satunya sebagai seni berkomunikasi.  Pada satu sisi, humas dianggap sebagai seni dalam membangun hubungan yang secara unik diposisikan untuk menjembatani komunikasi yang efektif antara pihak organisasi atau perusahaan dengan para publiknya. Di sisi lain, praktik ini mengharuskan para pelakunya mengikuti aturan etika yang berlaku, diantaranya adalah peraturan perusahaan atau organisasi. Salah satu kondisi yang menyebabkan para praktisi Humas untuk kembali mengikuti arus adalah perkembangan teknologi. Web 3.0 jelas memberikan peluang dan tantangan bagi dunia kehumasan. Peluang utama yang ditawarkan oleh web 3.0 adalah semakin “menipisnya” jarak antara perusahaan dan para publiknya. Misalnya saja melalui media social, pihak perusahaan akan semakin mudah untuk berinteraksi dengan publiknya. Kemudian, keberadaan web 3.0 memmpermudah para paktisi untuk mengumpulkan  data mengenai public sesuai dengan yang ditargetkan. Selanjutnya, dengan data tersebut para praktisi humas mampu merancang kegiatan komunikasi yang kajian publik sesuai dengan targetnya. Sebaliknya, web 3.0 juga menghadirkan tantangan yang tidak sederhana bagi praktisi humas yakni penguasaan teknik aplikasi web 3.0 dan isu mengenai kerahasiaan data dan reputasi. Web 3.0 dengan segala keterbukaan infomasi menyebabkan para praktisi harus berhati-hati dalam menggunakan data perusahaan atau publiknya dengan tetap memperhatikan tata etika informasi.

Copyrights © 2014