Panrita: Jurnal Bahasa dan Sastra Daerah serta Pembelajarannya
Vol 1, No 1 (2020)

KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA MAKASSAR

ilma Rahim (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar)
Kembong Daeng (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Universitas Negeri Makassar)
Sultan Sultan (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriktif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam interaksi guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Makassar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa, dengan rincian pendeskripsian, pematuhan kesantunan berbahasa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, teknik rekam dan teknik catat. Hasil penelitian mendeskripsikan lima belas wujud tuturan kesantunan berbahasa dalam interaksi guru dan siswa pada kelas VII di SMP Negeri 1 Bontonompo menurut prinsip kesantunaan Leech yang terdiri dari; maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim Penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim kesempakatan dan Maksim kesimpatian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Panrita-bsdp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Panrita publishes research papers on teaching of Bugis and Makassar languages literature and linguistics Panrita present new things and significance of research for scientific progress in one of the fields of education of the Bugis and Makassar languages published manuscripts This journal accepted ...