Journal of Social Science Education
Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education

Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring Terhadap Pembentukan Watak Kewarganegaraan Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung

Lailatul Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadap pembentukan watak kewarganegaraanmahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2017, 2018, dan 2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadapwatak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung besarnya presentase pengaruhnya yaitu 75,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: desain pembelajaran, lingkungan belajar, dan layanan pendukung dan untuk variabel dependen (Y) yaitukemandirian, disiplin, dan tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh berbasis daring sebesar 75,1% terhadap watak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung.Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring, Watak Kewarganegaraan, Mahasiswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Social Education Sciences provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be examined empirically. This journal discusses research in social education, including learning, teaching, curriculum development, ...