Journal of Social Science Education
Vol 1, No 1 (2020): Vol 1, No 1 (2020) Journal of Social Education

Pengaruh Bentuk Interaksi Sosial Terhadap Sikap Solidaritas Peserta Didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020

Sofa Mutiara Fitri (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh bentuk interaksi sosial terhadap sikap solidaritas peserta didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 responden. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bentuk interaksi sosial terhadap sikap solidaritas peserta didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Dalam bentuk interaksi sosial (X) dominan pada kategori cukup berpengaruh dengan persentase 75%. Dalam sikap solidaritas peserta didik (Y) dominan pada kategori cukup baik dengan persentase 68%, serta memiliki hasil uji keeratan pengaruh sebesar 0,80 yang menunjukkan keeratan pengaruh kategori sangat kuat antara pengaruh bentuk interaksi sosial terhadap sikap solidaritas peserta didik SMK Negeri 1 Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.Kata Kunci: Interaksi Sosial, Sikap Solidaritas, Peserta Didik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Social Education Sciences provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be examined empirically. This journal discusses research in social education, including learning, teaching, curriculum development, ...