Journal of Social Science Education
Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (2020) Journal of Social Education

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Konsep Keberagaman Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu

Purnia Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep materi keberagaman peserta didik di SMP Negeri 1 Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banyumas  yang berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 orang responden. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa teknik angket pada variabel independen (X) dan teknik tes pilihan ganda pada variabel dependen (Y). Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 20.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII sebesar 71,8 % dengan indikator variabel independen (X) yaitu: desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta variabel dependen (Y) yaitu: toleransi, musyawarah dan kerja sama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring  berpengaruh sebesar 71,8 % terhadap pemahaman konsep materi keberagaman peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banyumas. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pemahaman, Konsep Keberagaman

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Social Education Sciences provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be examined empirically. This journal discusses research in social education, including learning, teaching, curriculum development, ...