Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATERI KEHIDUPAN ORGANISME TANAH SISWA KELAS IX SMPS NUSANTARA KENDARI

Musliani, Musliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMPS Nusantara Kendari pada materi Kehidupan Organisme Tanah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, di SMPS Nusantara Kendari pada siswa kelas IX berjumlah 25 siswa. Faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah faktor siswa dan faktor guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam I (satu) siklus, meliputi: a) perencanaan; b) pelaksanaan tindakan; c) observasi dan evaluasi; d) refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dan guru. Persentase rata-rata aktivitas siswa yaitu 81,43% dan persentase rata-rata aktivitas guru yaitu 89,58%. Sedangkan hasil belajar siswa pada materi Kehidupan Organisme Tanah diperoleh 84% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dengan demikian Kriteria Ketuntasan Minimal Sekolah yaitu 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70 dapat tercapai.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...