Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMPS Nusantara Kendari pada materi Kehidupan Organisme Tanah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, di SMPS Nusantara Kendari pada siswa kelas IX berjumlah 25 siswa. Faktor yang diamati dalam penelitian ini adalah faktor siswa dan faktor guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam I (satu) siklus, meliputi: a) perencanaan; b) pelaksanaan tindakan; c) observasi dan evaluasi; d) refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dan guru. Persentase rata-rata aktivitas siswa yaitu 81,43% dan persentase rata-rata aktivitas guru yaitu 89,58%. Sedangkan hasil belajar siswa pada materi Kehidupan Organisme Tanah diperoleh 84% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Dengan demikian Kriteria Ketuntasan Minimal Sekolah yaitu 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70 dapat tercapai.
Copyrights © 0000