Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif dan kepercayaan diri terhadap pengetahuan matematika awal anak-anak kelompok b taman kanak-kanak (5-6 tahun). Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini adalah 120 siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik stratified multistage cluster random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan anava dua arah. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengetahuan matematika awal anak-anak yang diberikan ape maze memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada yang bermain ape puzzle (fhitung = 14,50 > ftabel = 3,97); (2) ada efek interaksi antara anak-anak yang diberikan ape dan kepercayaan diri terhadap pengetahuan mereka tentang matematika awal (fhitung = 14,50 > ftabel = 3,97); (3) pengetahuan matematika awal anak-anak yang memiliki kepercayaan diri tinggi yang diberikan ape maze memiliki pengaruh skor yang lebih tinggi daripada anak-anak yang diberikan ape puzzle (qhitunga1b1-a2b1 = 6,44 > qtabel = 3,74); dan (4) pengetahuan matematika awal anak-anak yang memiliki kepercayan diri rendah yang diberikan ape puzzle memiliki pengaruh skor yang lebih tinggi daripada anak-anak yang diberikan ape maze (qhitung a1b2-a2b2 = 0,95< qtabel = 3,74).Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Kepercayaan Diri, Matematika AwalÂ
Copyrights © 2020