JURNAL AKSIOMA AL-ASAS
Vol 2, No 1 (2021)

Efektivitas Pembelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah Di Masa Pendemi Covid-19 (Penelitian Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Khaeriyah Kopo Serang-Banten)

Iwan Setiawan (STAI La Tansa Mashiro)
Asrowi Asrowi (STAI La Tansa Mashiro)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Kurangnya dorongan dari orang tua, kurangnya minat siswa untuk belajar, aturan untuk mematuhi protokol kesehatan, berkurangnya sumberdaya manusia (SDM)/berkurangnya jumlahsiswa,dan kepedulian orang tua yang berlebihan terhadap anak akibat Covid-19 yang menyebabkan pembelajaran di Madrasah Diniyah Al-Khaeriyah tidak efektif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian dengan metode ini adalah secara khusus untuk menjelaskan dan memahami objek yang diteliti secara khusus sebagai suatu kasus. Hasil penelitian efektivitas pembelajaran di Madrasah Diniya Al-Khaeriyah Kopo-Serang menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah mengalami penurunan yang signifikan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan kurangnya dorongan dari orang tua, serta sulitnya mendapatkan izin dari masing-masing orang tua, akibat kekhawatiran yang berlebihan terhadap kesehatan anak dengan virus covid-19. Orang tua khawatir tentang keselamatan anak-anak mereka ketika mereka berada di luar rumah.Kata Kunci : Belajar dan Madrasah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal Aksioma Al-Asas dikelola Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI La Tansa Mashiro dan diterbitkan oleh LPPM STAI La Tansa Mashiro. Sejak Volume 1 Nomor 1 Juni 2020, sebagai terbitan perdana, berkala dengan Frekuensi terbit yakni dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni ...