Kurangnya dorongan dari orang tua, kurangnya minat siswa untuk belajar, aturan untuk mematuhi protokol kesehatan, berkurangnya sumberdaya manusia (SDM)/berkurangnya jumlahsiswa,dan kepedulian orang tua yang berlebihan terhadap anak akibat Covid-19 yang menyebabkan pembelajaran di Madrasah Diniyah Al-Khaeriyah tidak efektif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian dengan metode ini adalah secara khusus untuk menjelaskan dan memahami objek yang diteliti secara khusus sebagai suatu kasus. Hasil penelitian efektivitas pembelajaran di Madrasah Diniya Al-Khaeriyah Kopo-Serang menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah mengalami penurunan yang signifikan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan kurangnya dorongan dari orang tua, serta sulitnya mendapatkan izin dari masing-masing orang tua, akibat kekhawatiran yang berlebihan terhadap kesehatan anak dengan virus covid-19. Orang tua khawatir tentang keselamatan anak-anak mereka ketika mereka berada di luar rumah.Kata Kunci : Belajar dan Madrasah
Copyrights © 2021