Journal of Mechanical Design and Testing (JMDT)
Vol 1, No 2 (2019): Articles

Perilaku Aliran Stratified Ditinjau dari Karakteristik Visual dan Tebal Film Cairan pada Pipa Horizontal

Ilham Dwi Arirohman (Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No. 2 Yogyakarta 55281)
Akhmad Zidni Hudaya (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus Gondangmanis, Bae, Kudus 59324)
D Deendarlianto (Pusat Studi Energi, Universitas Gadjah Mada Sekip K-1A Kampus UGM, Yogyakarta 55281)
I Indarto (Pusat Studi Energi, Universitas Gadjah Mada Sekip K-1A Kampus UGM, Yogyakarta 55281)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Perilaku aliran stratified searah horizontal diteliti secara eksperimental dengan menggunakan metode parallel wire dan visual. Eksperimen dilakukan pada pipa akrilik berdiameter 26 mm dan panjang 9,5 m. Beberapa sub pola aliran stratified yang telah dilaporkan oleh peneliti-peneliti sebelumnya dapat teramati dengan melakukan variasi kecepatan superfisial udara (JG) dari 4 – 20  m/s dan kecepatan superfisial air (JL) dari 0,01 – 0,1 m/s. Ketebalan film cairan diukur dengan menggunakan sensor parallel wire, sementara kecepatan gelombang dihitung berdasarkan waktu delay yang diperoleh dari teknik cross correlation. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ketebalan rerata film cairan menurun seiring meningkatnya JG, sementara kecepatan gelombang secara umum meningkat dengan meningkatnya JG dan JL.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmdt

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Design of mechanical components used in engineering structures, machines and engines, computer aided design (CAD), computer aided manufacturing (CAM), the development of methodology for designing machine elements or mechanical components. Finite element analysis, computational fluid dynamics, ...