Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2022): Maret 2022 - Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Penyuluhan Pengelolaan Sampah dan PHBS di Sekolah Dasar 82 Barangmamase Kecamatan Galesong Selatan Kab. Takalar

Syamsuar Manyullei (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Lalu Muhammad Saleh (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Nur Indazil Arsyi (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Annisa Putri Azzima (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Nur Fadhilah (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Persoalan sampah dan Ber-PHBS di Takalar merupakan persoalan bersama. Tujuan intervensi agar pengetahuan anak sekolah dapat meningkat terkait pengelolaan sampah dan ber-PHBS. Hal ini untuk menyadarkan masyarakat dan anak sekolah khususnya di Sekolah dasar 82 Barangmamase Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar bahwa permasalahan sampah harus segera ditangani karena akan berdampak negatif pada kesehatan. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi. Hasil analisis dilakukan dengan Mc. Neymar, di peroleh nilai p.value = 0,424 > 0,05 yang artinya H0 diterima, yang artinya tidak terdapat perbedaan sesudah dan sebelum penyuluhan diberikan. Hal ini berarti bahwa “Tidak terdapat perbedaan antara pengetahuan responden tentang Permasalahan Sampah dan PHBS sebelum penyuluhan (Pre Test) dengan pengetahuan responden sesudah penyuluhan (Post Test). Kesadaran murid SD sangat dinutuhkan dalam mengatasi hal tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

altifani

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat. Altifani diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, Januari, Mei dan September, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan ...