Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2022): Maret 2022 - Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Penyuluhan Kesehatan tentang Anemia Pada Siswa di SMPN2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar

Nur Arifah (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Inna Anjalina (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Andi Irna Febriana (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Eka Khairunnisa (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Nabilah Pratiwi Amir (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar)
Wanda Aprilisa (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin)
Zaky Muzhaffar (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin)
Syamsuar Manyullei (Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Data puskesmas Galesong pada tahun 2021 menunjukkan capaian pelayanan kesehatan usia produktif hanya sebesar 2655 (60%) sasaran dari target capaian sebesar 4378 sasaran. Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau konsentrasi pengangkut oksigen dalam darah (Hb) tidak mencukupi untuk kebutuhan fisiologi tubuh. Permasalahan kesehatan usia produktif salah satunya anemia cukup tinggi di Desa Pa’lalakkang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar. Tujuan pengabdian ini adalah sebagai upaya dalam mengedukasi remaja putri agar dapat melakukan pencegahan serta pengendalian anemia yang diharapkan dapat turut meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Desa Pa’lalakkang, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar. Pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Evaluasi penyuluhan anemia dengan menggunakan kuesioner pre-post test yang dibagikan kepada peserta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan mengenai anemia mampu meningkatkan pengetahuan siswi di SMPN 2 Galesong Selatan di Kabupaten Takalar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

altifani

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat. Altifani diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, Januari, Mei dan September, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan ...