Penelitian ini bersifat kepustakaan dengan data deskriptif, untuk menjawab permasalahan tersebut di atas maka secara metodologis penelitian ini dikembangkan dengan pendekatan paedagogis dan pendekatan interdisipliner dimaksudkan untuk lebih memahami masalah-masalah yang dirumuskan, serta menggunakan metode analisis data yaitu, teknik analisis isi (content analisis). Quantum Teaching telah menawarkan konsep yang cukup menarik untuk dibedah dan dielaborasi secara kontributif dalam pendekatan yang ada pada pendidikan Islam. Konsep yang dicetuskan oleh Bobby DePorter ini secara praksis mengajak pendidik untuk lebih menyelami dunia anak didik untuk membawa mereka ke dalam suasana belajar yang lebih nyaman dan "hidup" melalui interaksi-interaksi komprehensif yang lebih memicu daya emosional, melejitkan kemampuan guru dalam mengilhami lingkungan belajar yang bersinergi dengan kemampuan anak didik untuk lebih berprestasi. Jika pendekatan ini dielaborasi dalam pendidikan Islam, maka dalam al-Qur'an sesungguhnya telah menginspirasikan adanya suatu pendekatan yang juga sangat komprehensif bila dimaksimalkan ke arah tujuan pendidikan Islam. Bentuk pendekatan inilah yang kemudian penyusun kembangkan dalam tesis dengan mengambil gagasan pada QS. al-Nahl (16): 125, penyusun berupaya untuk melakukan kontekstualisasi terhadap makna "bi al-¥ikmah" yang terdapat di dalam ayat tersebut.
Copyrights © 2022