Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kempuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD KB Tunas Harapan Muara Enim Tahun 2021. Peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas Eksperimen. Peneliti menggunakanpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen “Pre eksperimental design“. Desain penelitian ini menggunakan“One gruppre test-post test design”. Sampel yang digunakan yaitu 16 anak yang terdapat pada kelas B di PAUD KB Tunas Harapan Muara Enim, dimana kelompok eksperimen inilah yang akan menjadi pretets yaitu kegiatan yang dilakukan tidak menggunakan media audio visual dan posttest yang akan dilakukan dengan menggunakan media audio visual. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normlitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis uji t. berdasarkan hasil yang peneliti dapatkan bahwa ada perbedaan anatara pretest sebesar 52,4 dan posttest sebesar 58, dapat disimpulkan bahwa nilai posttest lebih unggul dari pretest. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan uji t dimana nilai t tabel untuk taraf signifikan 5 % sebesar1,746 dan dapat disimpulkan bahwa t-hirung> t-tabel (3,545 >1,746) sehingga Hoditolak dan Ha diteriman, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil data tersebut.Artinya media audio visual berpenaruh terhadap kemampuan membaca permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD KB Tunas Harapan Muara Enim Tahun 2021.
Copyrights © 2022