Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Vol 16 No 2 (2021): Juli - Desember 2021

KEPERCAYAAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA SERTA PENGARUHNYA PADA MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE DALAM APLIKASI E-COMMERCE

Sella Seftila (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Oyon Saryono (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)
Faizal Haris Eko Prabowo (Fakultas Ekonomi Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Lebih rendanhnya tingkat minat beli secara online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh lebih dibanding minat beli secara offline. Diprakarsai ketika melakukan pembelian secara online seperti barang tidak dikirimkan penjual, kualitas barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi, pengiriman barang lama dan data pribadi disalah gunakan oknum penjual. Konsumen merasa ketakutan untuk melakukan transaksi pembelian secara online, hal ini dikarenakan konsumen memiliki pengalaman yang buruk sehingga minat beli secara online menjadi rendah. Adapaun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli secara online pada Mahasiswa Fakultas Ekonimi Universitas Galuh Ciamis, Untuk mengetahui pengaruh pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada Mahasiswa Fakultas Ekonimi Universitas Galuh Ciamis dan Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada Mahasiswa Fakultas Ekonimi Universitas Galuh Ciamis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kepercayaan konsumen dan pengalaman berbelanja memiliki pengaruh positif terhadap minat beli secara online pada Mahasiswa Fakultas Ekonimi Universitas Galuh Ciamis dengan besarnya pengaruh sebesar 38,44 % sementara 61,56% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan situs belanja online mampu meningkatkan jaminan produk dengan menggunakan asuransi sehigga konsumen merasa percaya untuk melakukan transaksi pembelian dan memiliki pengalaman berbelanja yang baik agar minat beli secara online akan meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

VL

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi Jurnal ini berisi tentang penelitian di ranah manajemen, sumber daya manusia, bisnis, marketing, dan ...