Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2016): June

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CHARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn

Suwadi Suwadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Index ChardMatch untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn bagi siswa kelasVIID SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali. Penelitian tindakan kelas ini menggunakanmetode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan data dan menginterprestasikandata. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitianyang dilakukan oleh peneliti secara langsung. Seting yang digunakan dalam penelitian yaitu kelasVIID SMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali, yang merupakan satu di antara enam kelasVII paralel. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan non tes. Alatpengumpulan data menggunakan butir-butir soal. Untuk mengetahui keefektifan prosespembelajaran yang menerapkan model pembelajaran index chard match ini, peneliti dankolaboratur melakukan pengamatan selama proses pembelajaran. Sedangkan validitas datamenggunakan content validity dan triangulasi. Kemudian analisis data menggunakan analisisdeskriptif komparatif dan kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah:1) meningkatnya motivasi belajar dari kondisi awal 23,07% menjadi 50,00% pada siklus I, dan75,00% pada siklus II. 2) meningkatnya hasil belajar dari kondisi awal rata-rata kelas 57,41menjadi 60,00 pada siklus I dan 70,00 pada siklus II. Setelah dilakukan pengumpulan dan analisisdata, dalam penelitian ini diperoleh hasil yang signifikan. Dari hasil penelitian telah menunjukkanbahwa model pembelajaran index chard match dapat meningkatkan: 1) motivasi belajar siswa darikondisi awal yang hanya 23,07% menjadi 61,53% pada siklus I, dan 74,72% pada siklus II. 2) hasilbelajar yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata kelas 57,41 menjadi 63,84 pada siklus I dan 74,58pada siklus II. Meningkatnya rata-rata nilai di dalam kelas, menunjukkan peningkatan terhadapmotivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas VIIDSMP Negeri 1 Mojosongo kabupaten Boyolali .

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...