International Journal of Progressive Mathematics Education
Vol. 1 No. 4 (2021)

Bagaimana Miskonsepsi Matematika terjadi pada materi Operasi Bilangan Bulat Dan Pecahan :?

Zul Hazril, Muhammad (Unknown)
Pramono, Rudi Dwi (Unknown)
Kamal, Mustafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa sekolah menengah atas dalam operasi hitung dasar yang diukur menurut number sense. Number Sense merupakan suatu bentuk kecerdasan di mana siswa peka terhadap hubungan antara angka yang siswa lihat dengan materi yang dipahami oleh siswa tersebut. Penelitian ini melibatkan 76 partisipan dari kelas X di SMAN 83 jakarta yang terdiri dari 60 siswa IPA dan 16 siswa IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasinl penelitian menunjukan bahwa rata-rata siswa (50% dari responden) memiliki miskonsepsi dalam penyelesaian masalah dalam bentuk cerita. Siswa tidak mampu mengaplikasikan operasi hitung dengan benar jika soal diubah dalam bentuk cerita (28%). Siswa tidak dapat merepresentasikan suatu nilai dalam bentuk lain (38%). Siswa juga mengalami kekeliruan dalam melakukan operasi perkalian dan pembagian (12%). Rata-rata siswa dapat mengurutkan bilangan dalam bentuk pecahan dan desimal (55%) dan siswa dapat menyelesaikan masalah yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari (57%). Kekeliruan yang dialami oleh siswa jika ditinjau dari jurusannya tidak berbeda jauh dalam menjawab benar (IPA 38%, IPS 36%) atau menjawab salah (IPA 62%, IPS 64%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijopme

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

nternational Journal of Progressive Mathematics Education E-ISSN:2775-8435, ISSN: 2776-2726, DOI Prefix 10.22236/ijopme is a peer-revieweopen-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a ...