MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022

Pelatihan Pembuatan Cloth Book Educative sebagai Media Pengenalan Bilangan dan Geometri untuk Anak Usia Dini

Darma Ekawati (Universitas Sulawesi Barat)
Fardinah Fardinah (Universitas Sulawesi Barat)
Ahmad Ansar (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2022

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene dalam membuat media pembelajaran berupa cloth book educative. Hal ini didasarkan pada hasil survei yang telah dilakukan bahwa kemampuan guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene dalam membuat media pembelajaran sangat monoton dan terbatas sementara pengadaan media pembelajaran yang awet dan tahan lama membutuhkan biaya yang cukup besar. Solusi atas permasalahan tersebut berupa pemberian program pelatihan pembuatan cloth book educative untuk salah satu materi pelajaran yaitu pengenalan bilangan dan geometri meliputi pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan cloth book educative  dasar tema pengenalan bilangan dan geometri sampai terbentuknya produk. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap persiapan dengan komunikasi dengan mitra terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia dini, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dengan memberikan penjelasan materi/teori dan melakukan praktek pembuatan cloth book educative, serta tahap monitoring dan evaluasi dengan mengukur keberhasilan pelatihan pembuatan media cloth book educative pada guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif terkhusus untuk materi pengenalan bilangan dan bangun datar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matappa

Publisher

Subject

Education

Description

MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa memiliki e-ISSN: 2614-6673 dan p-ISSN: 2615-5273. menerbitkan artikel pengabdian pada masyarakat dengan bidang pendidikan, pengembangan sumber daya ...