Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan literasi matematis siswa kelas VIII dalam memecahkan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) model PISA yang ditinjau dari Adversity Quotient tipe climbers. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari dua siswa kelas VIII yang bertipe climbers. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket adversity response profile (ARP), tes tertulis dan wawancara, serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification yang berbantuan software QSR NVivo. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kedua subyek climbers mampu merumuskan masalah secara matematis; (2) kedua subyek climbers mampu menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran untuk memperoleh solusi; (3) kedua subyek climbers mampu menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil perhitungan. Sehingga, kedua subyek climbers mampu dalam proses tahapan literasi matematis.
Copyrights © 2022