Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers

Ajeng Ivo Alfiyun Budiyanti (Universitas PGRI Semarang)
Sutrisno Sutrisno (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan literasi matematis siswa kelas VIII dalam memecahkan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) model PISA yang ditinjau dari Adversity Quotient tipe climbers. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari dua siswa kelas VIII yang bertipe climbers. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket adversity response profile (ARP), tes tertulis dan wawancara, serta dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification yang berbantuan software QSR NVivo. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kedua subyek climbers mampu merumuskan masalah secara matematis; (2) kedua subyek climbers mampu menggunakan konsep, fakta, prosedur dan penalaran untuk memperoleh solusi; (3) kedua subyek climbers mampu menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil perhitungan. Sehingga, kedua subyek climbers mampu dalam proses tahapan literasi matematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...