Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa bidang matematika kelas 5 SD Negeri 117 Palembang. Pola asuh yang diteliti adalah pola asuh tipe permisif yang diterapkan oleh orang tua, yaitu pola asuh yang diterapkan oleh ibu selama belajar daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan data penelitian didapat menggunakan metode ex-post facto. Populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri 117 Palembang tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 130 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket yang bertujuan untuk mengukur pola asuh orang tua. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian memperoleh rxy sebesar -0,062 dan rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 63 sebesar 0,2441 dengan koefisien determinasi sebesar 0%. Data menunjukkan rxy < rtabel yang berarti H1 ditolak dan H0 diterima. Jadi, tidak adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa bidang matematika kelas 5 SD Negeri 117 Palembang
Copyrights © 2022