Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran kooperatif pendektan problem possing terhadap efektivitas belajar (2), pengaruh positif tutorial online terhadap efektivitas belajar (3) terdapat pengaruh pengaruh pembelajaran problem possing dan tutorial online secara signifikan terhadap efektivitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Argapura Kabupaten Majalengka. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sedangkan untuk pengambilan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi literasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Analisis statik yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi berganda, analisis regresi linear berganda, uji f secara simultan. Hasil penelitian menunjukan: secara parsial pembelajaran pendekatan problem Possing berpengaruh signifikan terhadap efektivitas belajar. sedangkan tutorial online tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas belajar siswa. Secara simultan variabel pembelajaran pendekatan problem possing, tutorial online berpengaruh signifikan teradap efektivitas belajar siswa
Copyrights © 2022