EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Problem Possing dengan Kombinasi Tutorial Online terhadap Efektivitas Belajar Siswa

Widiasari Widiasari (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Sumartini Sumartini (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran kooperatif pendektan problem possing terhadap efektivitas belajar (2), pengaruh positif tutorial online terhadap efektivitas belajar (3) terdapat pengaruh pengaruh pembelajaran problem possing dan tutorial online secara signifikan terhadap efektivitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Argapura Kabupaten Majalengka. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sedangkan untuk pengambilan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi literasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Analisis statik yang digunakan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi berganda, analisis regresi linear berganda, uji f secara simultan. Hasil penelitian menunjukan: secara parsial pembelajaran pendekatan problem Possing berpengaruh signifikan terhadap efektivitas belajar. sedangkan tutorial online tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas belajar siswa. Secara simultan variabel pembelajaran pendekatan problem possing, tutorial online berpengaruh signifikan teradap efektivitas belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...