Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 10, No 02 (2021): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Analisis Kompetensi Tenaga Pendidik Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Qodratullah Desa Langkan Kabupaten Banyuasin

Ikral Ikral (Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Abudullah Idi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Akmal Hawi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Ari Sandi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kasus kompetensi guru Madrasah lebih umumnya guru pondok pesantren secara kompetensi tidak sebaik guru yang ada di sekolah umum. Khusus dalam penelitian ini yaitu kompetensi guru yang ada di Madrasah, dimana secara kelembagaan madrasah, mampu menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas, namun jika diamati lebih dalam guru-guru yang ada kompetensi pendidikannya masih belum pada kualitas yang seharusnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis kompetensi tenaga pedidik madrasah yang ada di Madrasah. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode penelitian adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari keseluruhan pemaparan bahwa para tenaga Pendidik di Madrasah masih mempunyai sisi lemah di bidang pengembangan kurikulum/Silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran serta pemanfaatan sarana teknologi bagi guru-guru usia lanjut serta sistem mengajar yang harus dirubah, tidak lagi di dominasi dengan sistem satu arah namun harus sudah dua arah, dimana santri sebagai mitra belajar. Kompetensi akademik/profesional guru Madrasah belum begitu menguasai penelitian, sehingga penelitian yang bisa dilakukan hanya sebatas penelitian tindakan kelas. Kompetensi kepribadian tenaga pendidik sudah baik, hal ini dikarenakan, faktor lingkungan Madrasah yang mempengaruhi kepribadian tenaga pendidik untuk bersikap arif dan bijak, kemudian latar belakang tenaga pendidik yang pernah belajar di Madrasah waktu sekolah, tentu sudah membentuk karakter yang baik bagi pribadi tenaga pendidik. Kompetensi sosial sudah bisa dikatakan memiliki kompetensi sosial yang baik, hal ini tidak lepas daripada kompetensi pribadi guru, yang sebagian memiliki kemampuan di luar mengajar, yaitu bisa sebagai pendakwah, guru pengajian dan lain-lain, sehingga sering kali guru atau tenaga pendidik di Madrasah juga menjadi tokoh agama atau masyarakat di tengah masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam - EI: adalah peer review jurnal nasional yang diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor pada program studi Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini berfokus pada isu-isu pendidikan Islam. Kami mengundang ilmuwan, peneliti, serta ...