SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Vol. 3 No. 1 (2022): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga

Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Video Tutorial dalam Materi Tendangan Samping Pencak Silat Siswa SMA 5 Kendari

Suryani (Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara)
Resky Ana Abadi (Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik menggunakan Video Tutorial pada siswa kelas XI SMA 5 Kendari pada materi ajar tendangan samping, Pencaksilat tahun ajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA 5 Kendari yang terdiri dari 32 peserta didik yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek penelitian adalah keaktifan belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan Dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 46,00% (kategori kurang), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 47,75% Dengan demikian penggunaan video tutorial dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMA 5 Kendari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sprinter

Publisher

Subject

Physics Other

Description

SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga merupakan jurnal penelitian, kajian pustaka, dan review pada bidang pendidikan olahraga, ilmu olahraga, kepelatihan olahraga, dan pariwisata ...