Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer

Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Game Edukasi Jumble Hijaiyah

Albert Ramadhan (Universitas Nasional)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Seiring perkembangan zaman, banyak media pembelajaran tergantikan menjadi teknologi digital. Begitu pula dengan media pembelajaran yang bisa digunakan berupa game edukasi untuk melatih daya ingat. Permainan jumble bertujuanĀ  untuk memasangkan dua gambar yang sama pada seluruh kartu yang ada di board. Game bertujuan untuk bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam melatih daya ingat dan meningkatkan konsentrasi pada saat memainkan game. Untuk metode menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) dalam melakukan pembuatan aplikasi dari awal hingga akhir dengan alur yang terstruktur. Pemograman pada game ini juga mengimplementasikan Algoritma Fisher Yates Shuffle untuk melakukan pengacakan objek yang ada pada board. Penggunaan algoritma ini memudahkan program mengacak jumlah kartu yang ada pada board untuk dijadikan tantangan bagi pemain menebak dimana gambar yang sama pada kartu tersebut. Permainan ini juga tersedia bermacam level, yaitu Easy, Normal, Hard, dan Very Hard. Dengan adanya tingkatan kesusahan pada game ini kita bisa melihat sejauh mana kita bisa mengingat objek dan seberapa cepat pemain bisa menyelesaikannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung ...