Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Hubungan Kepribadian dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V SDN 01 Kalideres

Suratinah Suratinah (Universitas Terbuka)
Ika Lestari (Universitas Negeri Jakarta)
Eka Julinas (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen yaitu kepribadian siswa dan konsep diri siswa dengan variabel dependen yaitu hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas lima SDN 01 Kalideres. Metode penelitian korelasional. Data yang diperoleh berdasarkan jenis interval dalam bentuk angka dan juga hasil wawancara dan pengamatan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SDN 01 Kalideres dengan sampel 60 siswa dari kelas V-a dan V-b. Hasil penelitian menggunakan korelasi momen produk. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini, dapat dilihat bahwa mungkin ada hubungan positif yang signifikan antara kepribadian siswa dan hasil belajar kewarganegaraan pada siswa kelas lima SDN 01 Kalideres. Kepribadian keluar dari siswa adalah salah satu faktor yang harus diperhitungkan untuk meningkatkan hasil belajar dari pendidikan kewarganegaraan. Semakin keluar kepribadian siswa, semakin tinggi hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa. Di sisi lain, semakin introvert kepribadian siswa, semakin miskin hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Dengan kata lain, semakin tinggi konsep diri siswa, semakin tinggi hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang mereka capai. Hasilnya menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kepribadian siswa dan konsep diri serta hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Ini berarti bahwa semakin tinggi kepribadian dan konsep diri siswa, semakin tinggi hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...