Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 6 No 1 (2022): Maret 2022

PEMANFAATAN E-COMMERCE DAN PENGEMASAN KREATIF DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM

Ni Luh Putu Sariani (Unknown)
Anak Agung Istri Agung Maheswari (Unknown)
I Gusti Ayu Intan Saputra Rini (Unknown)
I Ketut Setia Sapta (Unknown)
I Made Purba Astakoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan pihak manajemen Peken Facebook ditemukan permasalahan, penurunan volume usaha karena kurangnya pemanfaatan e-commerce dan belum memiliki kemasan produk hampers yang menarik perhatian konsumen. Tujuan pengabdian untuk memanfaatkan e-commerce yang bernama Tokopedia dengan optimal dan meningkatkan keterampilan melalui kreativitas kemasan yang menarik pada masing-masing produk hampers. Metode kegiatan melalui sosialiasi, pelatihan dan pendampingan. Sasaran kegiatan adalah seluruh karyawan Peken Facebook yang berjumlah 5 orang. Instrumen untuk mengukur ketercapaian program adalah kuesioner pre dan post kegiatan dengan indikator pengetahuan, keterampilan penggunaan e-commerce dan pengemasan produk hampers, kualitas kemasan dan peningkatan volume usaha. Hasil rata-rata capaian kegiatan, yaitu pengetahuan karyawan mengenai konsep e-commerce meningkat dari 60% menjadi 85% dan pengemasan produk meningkat dari 50% menjadi 80%, keterampilan penggunaan e-commerce meningkat dari 65% menjadi 88% dan keterampilan pengemasan produk hampers meningkat dari 60% menjadi 85%, kualitas kemasan dari 40% menjadi 87% serta peningkatan volume usaha selama 3 bulan, yaitu April sampai dengan Juni 2021, Peken Facebook berhasil menjual 31 produk.

Copyrights © 2022