Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 6 No 1 (2022): Maret 2022

PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK PRAKTIKUM DIMASA PANDEMI COVID BAGI MGMP KIMIA KOTA PALU

Sitti Rahmawati (Unknown)
Baharuddin Hamzah (Unknown)
Siti Nuryanti (Unknown)
Afadil S (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Permasalahan mitra (guru-guru yang tergabung dalam MGMP kimia kota Palu) adalah: a) Kemampuan guru dalam memahami makna, manfaat, dan cara penggunaan media pembelajaran masih rendah, b) Kemampuan dalam pengetahuan media pembelajar ataupun pembuatan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), untuk keperluan pengganti praktikum di laboratorium sekolah menjadikan rendahnya produktivitas guru dalam mengembangkan materi ajar ke dalam media pembelajaran dan LKPD, c) Pihak sekolah belum menyediakan media atau software komputer yang mendukung dalam pembuatan media pembelajaran dan LKPD praktikum secara online ataupun dengan memanfaatkan materi yang ada di sekitar peserta didik, d) Kurangnya narasumber yang bisa ditempati bertanya jika guru mengalami kesulitan untuk membuat media pembelajaran ataupun membuat LKPD untuk keperluan pengganti praktikum di laboratorium sekolah. Untuk itulah kami menganggap perlu dilakukan suatu kegiatan yang mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru dalam mengembangkan profesionalisme, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran ataupun membuat LKPD untuk keperluan pengganti praktikum di laboratorium sekolah. Kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi ceramah tentang pentingnya penguasaan konsep dan praktikum dalam pembelajaran kimia, memberikan contoh LKPD untuk kegitan eksperimen/praktikum berbasis lingkungan selanjutnya kerja praktek dimana para peserta dibimbing/didampingi oleh tim pengabdi, mulai dari memberikan informasi kepada guru-guru yang diperkirakan sangat menunjang untuk penguasaan konsep selanjutnya, mendesain LKPD dengan metode eksperimen/praktikum berbasis lingkungan, serta menyesuaikan dengan kompetensi dasar yang hendak dicapai. Setiap kegiatan di damping oleh tim pengabdi dan pada kegiatan akhir, masing-masing guru menyerahkan hasil pekerjaannya. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan LKPD berbasis lingkungan yang aman dan mudah dilakukan oleh siswa.

Copyrights © 2022