Integrated Science Education Journal
Vol 2 No 2 (2021): May

Identifikasi Minat Baca Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA MAN 2 Kota Jambi

Nola Lolita (Unknown)
Fitriani Fitriani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat siswa MAN 2 Kota Jambi terhadap pendidikan minat baca pelajaran fisika. Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas XI MIA MAN2 Kota Jambi, dengan jumlah keseluruhan 165 siswa. Sampel untuk penelitian menggunakan kelas XI MIA1, XI MIA 2 dan XI MIA 3, dengan jumlah 90 siswa. Teknik dalam pengambilan data penelitian dengan cara membagikan lembar angket berisi pernyataan kepada tiap siswa, yang disertai tangggapan–tanggapan yang harus dipilih siswa. Temuan utama: Bahwa tingkat karakter minat baca pelajaran fisika dari kelas XI MIA 1 telah memiliki karakter minat baca yang sangat baik, XI MIA 2 telah memiliki karakter minat baca yang sangat baik dan XI MIA 3 telah memiliki karakter minat baca yang sangat baik sehingga secara umum di MAN model minat baca pelajaran fisika tersebut memiliki minat baca yang sangat baik. Keterbaruan penelitian: Setelah dilakukan penelitian didapatkan keterbaharuan yaitu dengan mengidentifikasi minat dan hasil belajar fisika siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang cocok untuk di implementasikan didalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...