MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran
Vol 8 No 1 (2022)

Penggunaan Media Sosial Whatsapp untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan

Lindawati Lindawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan dengan menggunakan media sosial whatsapp. Metode penelitian yang digunakan merupakan kolaborasi, dimana guru bertugas melakukan tindakan dan peneliti melakukan pengamatan terhadap berlangsungnya proses tindakan. Dalam penelitian tindakan kelas terdapat empat tahapa penting yang dilakukan secara berurutan membentuk suatu siklus, yaitu satu putaran kegiatan berurutan yang Kembali ke Langkah semula. Empat tahapan itu antara lain tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sasahan Kecamatan Waringin Kurung tahun ajaran 2020/2021.Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan hasil tes siswa pada kegiatan pembelajaran. Analisis data disajikan secara kuntitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase indicator indikator siswa pada setiap siklusnya, hasil belajar pada siklus I yang tuntas dalam belajarnya hanya 44% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 92%. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri SasahanPenelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan dengan menggunakan media sosial whatsapp. Metode penelitian yang digunakan merupakan kolaborasi, dimana guru bertugas melakukan tindakan dan peneliti melakukan pengamatan terhadap berlangsungnya proses tindakan. Dalam penelitian tindakan kelas terdapat empat tahapa penting yang dilakukan secara berurutan membentuk suatu siklus, yaitu satu putaran kegiatan berurutan yang Kembali ke Langkah semula. Empat tahapan itu antara lain tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sasahan Kecamatan Waringin Kurung tahun ajaran 2020/2021.Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan hasil tes siswa pada kegiatan pembelajaran. Analisis data disajikan secara kuntitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase indicator indikator siswa pada setiap siklusnya, hasil belajar pada siklus I yang tuntas dalam belajarnya hanya 44% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 92%. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial whatsapp dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mendidik

Publisher

Subject

Education

Description

MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran (MENDIDIK) is managed by the Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Mathla'ul Anwar Banten. The aim of MENDIDIK is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and ...