Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
Vol 5 No 1 (2022): SASANDO VOL 5 NO 1 APRIL 2022

BENTUK PENILAIAN TUGAS PEMBELAJARAN SASTRA PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 UNGARAN

Larasaji Narindri Arumda, Lusiana Agustina, Deby Luriawati Naryatmojo, dan Subyantoro (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra pada RPP Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihannya serta merekonstruksi bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran kompetensi dasar 3.11 dan 4.11. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra sudah sesuai dan efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada pemilihan bentuk tugas penilaian berupa lembar kerja peserta didik atau worksheet. LKPD (lembar kerja peserta didik) dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut sudah relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum 2013. Kata Kunci: Bentuk penilaian tugas, Pembelajaran sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sasando

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal kemudian dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Pancasakti Tegal. Jurnal ini memuat ragam artikel ilmiah yang ...