Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra pada RPP Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran dengan memperhatikan kekurangan dan kelebihannya serta merekonstruksi bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran kompetensi dasar 3.11 dan 4.11. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penilaian tugas pembelajaran sastra sudah sesuai dan efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada pemilihan bentuk tugas penilaian berupa lembar kerja peserta didik atau worksheet. LKPD (lembar kerja peserta didik) dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut sudah relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum 2013. Kata Kunci: Bentuk penilaian tugas, Pembelajaran sastra, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Copyrights © 2022