Ubiquitous: Computers and its Applications Journal
Vol 4, No 2 (2021): Desember 2021

IDENTIFIKASI TOKOH PADA CITRA WAYANG KULIT MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK BERBASIS ANDROID

Afta Dizca Wahana (Universitas Maarif Hasyim Latif)
Isturom Arif (Universitas Maarif Hasyim Latif)
Moch. Hatta (Universitas Maarif Hasyim Latif)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Wayang Kulit adalah sebuah seni pertunjukkan Indonesia yang telah diakui dunia karena keunikan yang dimilikinya. UNESCO juga telah menobatkan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Namun pertunjukkan Wayang Kulit sekarang tergantikan dengan seni pertunjukan modern, seperti orkestra, layar lebar atau konser. Sehingga semakin banyak generasi muda yang tidak mengetahui tokoh-tokoh yang ada di perwayangan. Untuk itu penulis membuat aplikasi untuk mengidentifikasi wayang kulit dengan tujuan untuk melestarikan kesenian wayang dan mengenalkan ke generasi muda. Selain itu juga untuk memudahkan pecinta wayang kulit untuk mengenali wayang kulit. Metode yang digunakan dalam identifikasi wayang kulit ini adalah Convolutional Neural Network. Aplikasi dibuat berbasis Android sehingga mudah dibawa dan mudah digunakan. Pada akhirnya aplikasi ini diharapkan dapat dipakai oleh semua kalangan masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ubiquitous

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Scope of this journal bioinformatics, cloud computing, computational intelligence, computer vision, data mining, information retrieval, digital signal processing, human computer interaction, image processing, mobile computing, networks, virtual reality, augmented reality, web technologies. etc ...