CERMIN: Jurnal Penelitian
Vol 6 No 1 (2022): JULI

ANALISIS KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU BAHASA INGGRIS DALAM MEMBENTUK HABITUASI KARAKTER PROFESIONAL

Alek Andika (Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen)
Encep Syarief Nurdin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yadi Ruyadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebijakan sertifikasi guru bahasa inggris dalam membentuk karakter professional di sekolah-sekolah lingkungan Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan (PCLP) Ma’arif Kebumen. Tujuan sertifikasi guru itu sendiri adalah untuk menentukan kelayakan guru dan mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan, meningkatkan martabat guru, dan meningkatkan profesionalitas guru. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Pelaksanaan metode penelitian ini tidak hanya terbatas pada pengumpulan dan penyusunan data saja, akan tetapi sangat komplek dan luas yaitu meliputi analisis dan interpretasi tentang data tersebut, selanjutnya data yang dikumpulkan memungkinkan menjadi kunci atau jawaban terhadap apa yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi dapat meningkatkan profesionalisme guru Bahasa Inggris dilingkungan PCLP Ma’arif Kebumen. Kebijakan sertifikasi guru hampir sepenuhnya tercapai yaitu meningkatnya profesionalisme, kemampuan dan kompetensi guru. Hal ini juga didukung karena adanya workshop, pertemuan ilmiah dan kewajiban penelitian ilmiah rutin yang membantu guru dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru. Dengan demikian hasil analisis terkait kebijakan sertifikasi guru Bahasa Inggris ternyata dapat menanamkan habituasi karakter professional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cermin_unars

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Fokus dalam Jurnal Cermin mencakup studi secara umum dari berbagai bidang ilmu. Ruang Lingkup artikel pada Jurnal Cermin terkait Ekonomi, Sosial dan Politik, Sastra, Bahasa, Pendidikan, Pertanian, Hukum, dan Teknik. Penulis diijinkan dari segala kalangan mahasiswa, dosen, pendidik, dan peneliti ...