JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia)
Vol 7, No 1 (2022): JUSTINDO

Klasifikasi Tingkat Pemahaman Mahasiswa mengenai Teori Kepribadian Gustav Jung Menggunakan Algoritma C4.5

Dhea Indahsari (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Iqbal Maulana (Unknown)
Aji Primajaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Pemahaman mahasiswa mengenai tipe kepribadian dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam memahami dan mengeksplorasi diri. Pohon keputusan merupakan sebuah metode umum yang digunakan untuk memahami dalam pengambilan keputusan dan menginterpretasikan solusi dari permasalahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengklasifikasikan tingkat pemahaman mahasiswa mengenai kepribadian introvert – ekstrovert berdasarkan teori Gustav Jung dengan mengimplementasikan algoritma C4.5 dan mengevaluasi kinerja algoritma C4.5 dalam mengklasifikasikan tingkat pemahaman mahasiswa mengenai kepribadian dengan menggunakan tools Rapidminer. Algoritma C4.5 membentuk decision tree yang mudah dimengerti serta memberikan taraf akurasi yang dapat diterima dan juga efektif. Evaluasi terhadap model yang digunakan dilihat dari nilai accuracy dan nilai kappa. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan mengimplentasikan algoritma C4.5 untuk mengklasifikasikan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap kepribadian introvert-ekstrovert diperoleh bahwa mahasiswa memiliki tingkat pemahaman tinggi terhadap tipe kepribadian. Algoritma C4.5 dalam penelitian ini memiliki kinerja yang rendah dengan nilai kappa yang hanya mencapai 0,081. Akan tetapi, untuk tingkat akurasi mencapai nilai yang cukup yaitu sebesar 71,79%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUSTINDO

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

JUSTINDO is a scientific journal managed by the informatics engineering study program at the university of muhammadiyah jember as a publication media for research articles in the field of systems and information technology which covers the following topics: Software engineering, Games, Information ...