Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 13, No 1 (2022): Maret

Pengaruh Earning Management dan Financial Distress Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Subsektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Syamsu Rizal (Universitas Bandar Lampung)
Indrayenti Indrayenti (Universitas Bandar Lampung)
Luke Suciyati Amna (Universitas Bandar Lampung)
Diah Putri (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi atau bukti empiris mengenai dampak earning management dan financial distress terhadap penyampaian laporan keuangan yang tepat waktu. Data penelitian merupakan data kuantitatif yang berasal dari laporan keuangan perusahaan jasa subsektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan tahun pengamatan 2018-2020. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling, jumlah sampel 39 perusahaan dan periode pengamatan tiga tahun, menghasilkan 117 data pengamatan. Hipotesis pertama earning management berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, sedangkan hipotesis kedua financial distress berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa earning management tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, sehinga hipotesis pertama ditolak. Sedangkan hipotesis kedua dapat diterima, dengan hasil yang menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL Akuntansi & Keuangan adalah sebuah berkala yang dipublikasikan oleh Universitas Bandar Lampung meliputi bidang : Auditing Sistem Informasi Akuntansi Tata kelola Perusahaan Perpajakan Akuntansi Internasional Akuntansi Managemen Akuntansi Keperilakuaan Pasar Modal dan lain ...