Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Vol 13, No 1 (2022): Maret

Analisis Fraud Diamond dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud (Studi Kasus pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2020)

Haninun Haninun1 (Universitas Bandar Lampung)
Habibburrahman Habibburrahman (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Laporan keuangan ialah catatan informasi keuangan yang dibuat secara komprehensif perihal keuangan perusahaan atau organisasi disuatu tahun akuntansi guna memeriksa keadaan keuangan serta mencitrakan kapasitas perusahaan. Oleh sebab itu, laporan pada keuangan semestinya diutarakan komprehensif dengan jujur kepada terhadap laporan keuangan. Tetapi banyak pihak manajemen yang hanya ingin menampilkan kondisi terbaik pada perushaan, sehingga laporan keuangan menjadi tidak relevan. Dengan demikian, fraud diamond diukur kedalam 6 variabel, diantaranya financial.stability, financial.presure, external.presure, nature.of.industry ,rationalization, serta capability guna meneliti faktor dampak dalam financial statement fraud. Populasinya ialah semua Perusahaan BUMN tercatat di BEI tahun 2019-2020. Pemilihan sampe menggunakan 5 kriteria sampel. Memakai teknik analisi regresi logistic yang memakai software SPSS versi 26. Hasil penelitian diantaranya, financial.stability, financial.presure, serta rationalization memengaruhi secara positif, tetapi tidak signifikan, nature.of.industry memiliki pengaruh negatif, tetapi tidak signifikan atas financial.statement.fraud. Sedangkan external presure dan capability, memengaruhi secara positif serta signifikan atas financial statment fraud.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL Akuntansi & Keuangan adalah sebuah berkala yang dipublikasikan oleh Universitas Bandar Lampung meliputi bidang : Auditing Sistem Informasi Akuntansi Tata kelola Perusahaan Perpajakan Akuntansi Internasional Akuntansi Managemen Akuntansi Keperilakuaan Pasar Modal dan lain ...