J-SEA (Journal Socio Economic Agricultural)
Vol. 17 No. 1 (2022): Februari 2022 (Journal Socio Economics Agricultural)

ANALISIS PEMASARAN PISANG KEPOK DI KECAMATAN SERUYAN HILIR TIMUR KABUPATEN SERUYAN

Makomalasari, Retno (Unknown)
Pordamantra, Pordamantra (Unknown)
Masliani, Masliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Terdapat dua saluran pemasaran Pisang Kepok di Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan. Saluran I dari petani langsung ke pedagang pengecer, dan saluran II dari petani ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer. Lembga pemasaran yang terlibat adalah pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Fungsi pemasaran yang dilakukan petani adalah fungsi pertukaran yaitu penjualan, fungsi fisik yaitu pengangkutan, dan pada saluran I petani melakukan fungsi fasilitas yaitu pembiayaan, dan informasi pasar. Fungsi pemasaran yang dilakukan pedagang pengumpul yaitu fungsi fasilitas yaitu pembiayaan, standarisasi dan grading, fungsi pertukaran yaitu penjualan dan pembelian, serta fungsi informasi pasar. Fungsi pemasaran yang dilakukan pedagang pengecer adalah fungsi pertukaran yaitu pembelian, fungsi fasilitas yaitu permodalan, standarisasi dan grading dan fungsi fisik yaitu informasi harga. Margin pemasaran saluran pemasaran I yaitu saluran pemasaran Ib sebesar Rp 1.500/kg, saluran pemasaran Ip sebesar Rp 2.000/kg. Pada saluran II yaitu IIb sebesar Rp 3.120/kg, dan IIp sebesar Rp 2.620/kg. Biaya pemasaran saluran I yaitu Ib sebesar Rp l000/kg, dan Ip sebesar Rp l0/kg. Biaya pemasaran saluran II yaitu IIb sebesar Rp 1.100/kg, dan IIp sebesar Rp 600/kg. Keuntungan yang diperoleh yaitu intensif diperoleh petani saluran Ib sebesar Rp 6.000/kg, Ip sebesar Rp 5.000/kg, IIb dan IIp sebesar Rp 4.380/kg. Keuntungan pedagang pengumpul IIb sebesar Rp 520/kg dan IIp sebesar Rp 520/kg. Keuntungan pedagang pengecer saluran Ib sebesar Rp 1.400/kg, Ip sebesar Rp 1.400/kg, IIb sebesar Rp 1.400/kg dan IIp sebesar Rp 1.400/kg. Efisiensi pemasaran saluran Ib sebesar 20,00%, Ip sebesar 28,57%, IIb sebesar 41,6%, dan IIp sebesar 37,43%. Farmer’s share tertinggi pada saluran I yaitu Ib sebesar 80% dan Ip sebesar 71,4%.There are two marketing channels for Kepok Bananas in East Seruyan Hilir District, Seruyan Regency. Channel I from farmers directly to retailers, and channel II from farmers to collectors to retailers. The marketing agencies involved are collectors and retailers. The marketing function carried out by farmers is the exchange function, namely sales, the physical function is transportation, and in channel I, the farmers perform the facility function, namely financing, and market information. The marketing function performed by the collecting traders is the facility function, namely financing, standardization and grading, the exchange function, namely selling and purchasing, Retno Makomalasari, Pordamantra, MaslianiANALISIS PEMASARAN PISANG KEPOKDI KECAMATAN SERUYAN HILIR TIMURKABUPATEN SERUYAN62and the market information function. The marketing function performed by retailers is the exchange function, namely purchasing, the facility function, namely capital, standardization and grading, and the physical function, namely price information. The marketing margin for marketing channel I is Ib's marketing channel of IDR 1,500/Kg, Ip's marketing channel of IDR 2,000/kg. In channel II, namely IIb of Rp. 3,120/kg, and IIp of Rp. 2,620/kg. The marketing costs of channel I are Ib of Rp. 1000/kg, and Ip of Rp.l0/kg. While the marketing costs for channel II are IIb of Rp. 1,100/kg, and IIp of Rp. 600/kg. The profits obtained are the intensifs obtained by the Ib channel farmers of Rp. 6,000/kg, Ip of Rp. 5,000/kg, IIb and IIp of Rp. 4,380/kg. The profit of IIb collectors is Rp 520/kg and IIp is Rp. 520/kg. The profit of retailer channel Ib is Rp. 1,400/kg, Ip is Rp. 1,400/kg, IIb is Rp. 1,400/kg and IIp is Rp. 1,400/kg. The marketing efficiency of channel I is Ib 20.00%, and IIp is 37.43%. The highest Farmer’s share is on chennel I, namely Ib of 80% and Ip of 71,4%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

j-sea

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Journal Socio Economics Agricultural (J-SEA) fokus pada naskah hasil penelitian, kajian pustaka, kajian buku, gagasan dan opini ilmiah bidang Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis dengan berbagai perkembangannya secara ...